Ini kata Jokowi Saat Ahok Temui Dirinya Ketika Dilanda Masalah

Liputan389.com –  Basuki T Purnama alias Ahok, dikenal sebagai salah satu orang dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kedekatan keduanya dikenal publik ketika berduet memimpin DKI Jakarta. Hingga kini hubungan keduanya masih saling melengkapi meski beda tingkat.

Kedekatan itu juga membuat banyak pihak bertanya-tanya. Apalagi ketika Ahok tengah dilanda pelbagai masalah. Tak jarang keduanya melakukan pertemuan di tengah macam masalah. Sehingga tidak sedikit menuding Jokowi kerap melindungi Ahok.

Pertemuan keduanya baru-baru ini terjadi ketika Ahok tertimpa masalah dugaan penistaan agama. Laporan ke polisi membuatnya tengah dirundung derita. Akhirnya Ahok memutuskan mendatangi Bareskrim Polri guna melakukan klarifikasi meski belum dapat surat panggilan.

Sebelum mendatangi Bareskrim, Ahok menyempatkan bertemu Jokowi. Dia mengelak bila pertemuan itu terkait rencana kedatangan ke Bareskrim. Pertemuan ini juga bertepatan dengan penetapan pasangan calon pada Pilgub DKI.

Juru Bicara Kepresidenan, Johan Budi Sapto Prabowo, menyebut kedatangan orang nomor satu di DKI Jakarta itu hanya menyampaikan izin cuti kepada Jokowi. “Pak Ahok hari ini menghadap Presiden terkait menyampaikan informasi bahwa yang bersangkutan menjalani cuti dalam rangka mengikuti tahapan Pilkada Gubernur DKI,” ungkap Johan, Senin (24/4).

Johan memastikan bahwa keduanya bertemu dalam kapasitas sebagai Gubernur DKI dengan Presiden. “Langkah ini dilakukan Basuki Tjahaja Purnama sebagai sopan santun sebagai Gubernur DKI yang merupakan ibukota Negara RI kepada Presiden,” terang Johan.

Pertemuan keduanya disinyalir membahas banyak hal termasuk polemik kasus penistaan agama atas ucapan Ahok menyinggung Surah Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu. Selain itu, prosesi penetapan calon gubernur DKI oleh KPU DKI pada sore hari ini juga dikabarkan dikonsultasikan Ahok kepada Jokowi.

Sebelum ada pertemuan ini, Ahok juga pernah menemui Jokowi ketika isu reklamasi tengah memanas pada Jumat, 8 April 2016 lalu. Ahok bahkan mengakui sempat juga membahas masalah Sumber Waras.

“Beliau tanya, ya saya laporin lah, Selasa kasus Sumber Waras gimana dipanggil jadi saksi di KPK. Reklamasi juga ditanya semua izin beres kok reklamasi cuma soal suap atau gratifikasi saja,” kata Ahok.

Menurut Ahok, Jokowi hanya tertawa mendengar laporan darinya. “Ya beliau ketawa saja ini namanya ujian sebelum naik lagi katanya,” kata Ahok sembari tertawa lebar.

sumber:merdeka.com

About the Author