Bawaslu minta KPU DKI atur jadwal kampanye cagub dan cawagub

Liputan389.com – Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta, M. Jufri meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatur jadwal kampanye para pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Tujuannya untuk mengawal proses kampanye agar berjalan lancar tanpa ada penolakan dari sekelompok orang.

“Misalnya ada komitmen oleh pasangan calon, bahwa kalau ingin melakukan kampanye kemana saja boleh-boleh saja. Tapi untuk menciptakan iklim yang lebih baik, ketertiban yang lebih baik tidak ada salahnya juga memastikan KPU bahwa mereka akan melakukan kampanye suatu di titik, sehingga ada koordinasi dan potensi penolakan itu bisa diminimalisir,” papar Jufri kepada awak media di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/11).

Dengan adanya jadwal dan lokasi kampanye, Bawaslu juga dapat mengerahkan anggotanya untuk mengawasi daerah yang akan dijadikan tempat kampanye sebelum pasangan calon tiba.

Baca: Cawagub Djarot Imbau Pendukung Tak Pasang Spanduk

“Sekarang kampanye tatap muka tidak diatur, dan diserahkan oleh paslon. KPU perlu mengatur, karena kalau itu diatur enak, permasalahan alat peraga atau yang lainnya gampang diketahui jika dilanggar,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, dengan penjadwalan kampanye dari KPU akan memudahkan pengamanan dari pihak kepolisian terhadap pasangan calon. Selama ini tim sukses pasangan calon memberitahu agenda kampanye pada malam hari sebelum kampanye dilakukan keesokan harinya. Hal tersebut menurutnya akan menyulitkan pihaknya untuk melakukan pengawasan ke daerah kampanye yang dituju oleh pasangan calon.

“Kami Bawaslu juga berharap bisa mengawasi agar tidak terjadi pelanggaran,” ucap Jufri.

sumber: merdeka.com

About the Author