Hari Ini Bamus DPR Gelar Rapat Paripurna Soal Pergantian Ketua DPR

Liputan389.com – Badan Musyawarah (bamus) telah mengambil keputusan untuk menggelar paripurna terkait pergantian Ketua DPR. Hasil keputusan rapat seluruh fraksi sepakat menggelar Paripurna.

“Kita mengagendakan rapat paripurna pada Rabu (30/11) pukul Pada Rabu 15.00 WIB dengan sejumlah agenda di rapim dan pengganti bamus,” ujar Wakil Ketua DPR Fadli Zon, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Ada sejumlah agenda yang rencananya akan dibahas dalam paripurna besok diantaranya soal jadwal fit and proper test duta Besar (dubes) hingga penggantian Ketua DPR dari Ade Komarudin kepada Setya Novanto.

“Agenda dibahas baik di rapim dan rapat pengganti bamus, agenda surat presiden penetapan dubes yang akan dibahas di fit and proper test di komisi I, BPH migas, fraksi Golkar terkait pemberhentian DPR RI, rapat penetapan penggantian ketua DPR baru. Ini menjadi agenda untuk rapat paripurna besok,” beber dia.

“Kita berharap sudah kita kaji sesuai kita mekanisme UU MD3 dan telah disepakati untuk mengagendakan pada Rabu besok,” sambungnya.

Fadli menyebut dalam paripurna besok akan dibacakan surat soal penggantian posisi Ketua DPR dari Ade kepada Novanto. Setelah disetujui seluruh fraksi baru akan diambil keputusan apakah seluruh fraksi akan menerima atau menolak usulan tersebut.

“Tadi sudah diputuskan satu untuk persetujuan dulu untuk pemberhentian baru kemudian setelah itu ada persetujuan penetapan ketua DPR yang baru. Jadi melalui proses penetapan itu,” jelas dia.

Politikus Gerindra itu mengatakan seluruh fraksi berhak mengeluarkan pendapatnya terkait usulan penggantian Ketua DPR fraksi Golkar. “Semua keputusan itu ada di rapur. Itu hak anggota untuk memutuskan,” urainya.

Ketika ditanya lebih lanjut soal proses rapat paripurna besok. Fadli enggan berandai-andai, dia minta tunggu rapat besok. “Intinya besok agendanya persetujuan penetapan dan proses penetapan. Untuk persisnya kita lihat besok di paripurna,” jawab dia.

Rapat bamus pada Selasa (29/11), berlangsung sejak pukul 21.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Rapat tersebut juga sempat diskors sekitar 15 menit.

Empat pimpinan DPR yakni Fahri Hamzah, Fadli Zon, Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan tampak hadir. Sejumlah pimpinan fraksi terlihat hadir pada rapat Bamus ini. Seperti Sekretaris Fraksi Golkar Azis Syamsudin, Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto, Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto, Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem Johnny Plate, dan Ketua Fraksi Partai Hanura Nurdin Tampubolon.

sumber:detik.com

About the Author