Tinggalkan 9 Hal Ini Demi Jadi Entrepreneur yang Sukses di 2017

Liputan389.com Р Apakah Anda seorang Entrepreneur ? Kalau ya, target apa yang ingin dicapai di tahun 2017? Bagi Entrepreneur, terkadang musuh paling besar adalah diri sendiri.

Oleh karenanya, supaya makin sukses tinggalkan kebiasaan buruk berikut ini seperti dikutip dari CekAja.com:

Hand pointing at a Entrepreneur word illustration on blue background.
Hand pointing at a Entrepreneur word illustration on blue background.

Punya target yang jelas

Meski Anda punya kemampuan bisnis dan bakat yang keren, sukses tidak datang begitu saja. Kalau ingin sukses, Anda harus mewujudkannya sendiri.

Ketika ingin meraih banyak pelanggan dan membuat usaha makin terkenal, maka Anda harus punya target spesifik untuk mencapainya. (Baca juga: 4 Trik Cara Membangun Bisnis bagi Pengusaha Muda)

 

Mencoba melakukannya semuanya sendiri

Meski bisnis yang Anda bangun berasal dari ide sendiri dan awalnya berusaha diwujudkan sendiri, jangan ragu untuk meminta pertolongan orang lain ketika beban semakin berat.

Ketika tumbuh semakin besar, bisnis makin sulit dikendalikan. Jadi jangan membuatnya semakin rumit disaat semuanya bisa jadi lebih sederhana.

Berusaha menjadi sempurna

Kegagalan adalah hal yang wajar. Berusaha menjadi memang akan menghindari Anda berbuat kesalahan. Tapi mungkin kesalahan tersebut justru akan membentuk Anda menjadi entrepreneur jempolan.

Membandingkan diri Anda dengan orang lain

Banyak orang sukses yang bisa menjadi inspirasi. Langkah-langkah mereka menjadi sukses bisa diikuti ketika Anda menghadapi kesulitan sama seperti mereka dulu.

Tapi semuanya tidak menjamin Anda menjadi sama suksesnya. Setiap orang punya caranya sendiri dan berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain.

 

Menunda

action-time

MenundaKebiasaan menunda memang musuh besar dalam diri kita. Mulai dari menunda membalas email, menunda mencatat pengeluaran pembelian, dan sebagainya.

Beberapa pekerjaan memang membosankan untuk dikerjakan. Tapi dalam bisnis setiap langkah bisa menentukan kesuksesan. Jangan biarkan menunda menjadi alsan tidak tercapainya target di tahun 2017.

Tidak punya persiapan

Baik karena alasan menunda atau memang terlalu percaya diri, tidak punya persiapan bisa membuat reputasi bisnis jelek. Bayangkan jika misalnya hari ini Anda harus persentasi di depan klien baru, namun Anda tidak benar-benar memepersiapkan bahan persentasi. Saat kejadian yang tidak direncanakan terjadi, Anda pun gelagapan dan klien jadi tidak tertarik pada Anda.

Suka mengeluh

Tidak hanya membuat diri sendiri sengsara, tapi kebiasaan suka mengeluh membuat orang di sekitar Anda jadi sebal. Kalau yang Anda lakukan hanya mengeluh sepanjang hari, Anda mungkin malah melewatkan kesempatan bagus. Ketika sesuatu tidak berjalan dengan semestinya, perbaiki bukannya mengeluh.

 

Benda tak dibutuhkan

Membeli benda-benda yang tidak dibutuhkan

Gadget keluaran baru memang menggoda. Apalagi ketika bisnis Anda semakin menguntungkan. Tapi apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Lebih baik dialokasikan untuk kegiatan promosi atau sebagai dana cadangan jika suatu saat perusahaan mengalami goncangan.

Berpikir kalau diri sendiri belum siap

Tidak semua orang siap dengan hal-hal besar seperti memulai bisnis, berkeluarga, dan menjadi sukses. Karena ketika ingin menjadi sukses, maka hal pertama yang harus Anda siapkan adalah mental.

Karena ketika Anda berhsail mewujudkan impian namun tidak tahu bagaimana cara mengelola atau bersikap, kejatuhan bisa teerjadi kapan saja. Contohnya banyak artis instan yang kehilangan popularitas karena mereka belum siap tenar.

About the Author