Dukung Ahok, Politikus Demokrat: Kami Dibebaskan untuk Memilih

Liputan389 –┬áPolitikus Partai Demokrat, Ajeng Suminar hadir dalam acara deklarasi Gerakan Relawan Agus-Sylvi (Gerasi) yang dihadiri oleh cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ajeng menyebut bahwa dukungannya kepada Ahok-Djarot karena partai sudah membebaskan kadernya untuk memilih pilihan mereka masing-masing.

“Kita sudah dibebaskan memilih,” kata Ajeng di lokasi acara deklarasi, Jalan Talang, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/3/2017).

Ajeng pun menjelaskan mengapa akhirnya dia memilih mendukung pasangan Ahok-Djarot seusai pasangan Agus-Sylvi kalah di putaran pertama. Menurutnya, program Ahok-Djarot sudah jelas dan sudah terbukti hasilnya.

“Programnya sudah jelas, kita sudah lihat pasti ada. Sudah teruji, (jadi) kenapa harus pilih yang lain. Mulai KJS, (Kartu) Jakarta Pintar. Sudah jelas Jakarta bersih, Kalijodo lainnya sudah terlihat,” ujar Ajeng.

“Loh kenyataan, sudah ada buktinya. Bukan menjamin tapi sudah dilakukan,” lanjutnya.

Sementara, Ketua Gerasi Hendra Surachmat mengklaim bahwa dia membawa puluhan ribu massa yang awalnya mendukung Agus-Sylvi beralih ke Ahok-Djarot. Jumlah tersebut berasal dari puluhan ormas dan LSM yang bergabung dalam Gerasi.

“Kita Gerasi ada puluhan ormas dan LSM resmi, anggotanya puluhan ribu,” ujar Hendra di lokasi yang sama.

Saat disinggung apakah Agus Harimurti Yudhoyonoo sudah merestui keputusan Gerasi untuk mendukung Ahok-Djarot, Hendra tidak bisa menjawab hal tersebut secara tegas. “Mudah-mudahan ya (mendukung). Kita lihat saja,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Gerasi Hendra Surachmat mengemukakan beberapa alasan mereka lebih mendukung Ahok-Djarot ketimbang pasangan cagub-cawagub Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Alasan pertama adalah Jakarta harus dipimpin oleh gubernur yang tegas, profesional, dan transparan. Untuk alasan kedua, Ahok-Djarot dianggap lebih pro terhadap rakyat dan konsisten melawan korupsi.

“Wadah Relawan Pemenangan SBY-Boediono pada Pilpres 2009 yang telah mendeklarasikan diri dalam Gerakan Relawan Agus-Sylvi (Gerasi) dengan ini menyatakan sikap,” ujar Hendra dalam deklarasinya di lokasi yang sama.

“Pertama, DKI Jakarta sebagai ibu kota Negara RI harus dipimpin oleh gubernur dan wakil gubernur yang tegas, profesional, transparan, bersih, terbukti kerja nyata, dan mampu membangun Jakarta serta menciptakan kesejahteraan bagi warganya,” kata Hendra.

Kedua, lanjut Hendra, mengingat keinginan yang kuat dari pengurus serta ribuan anggota Gerasi untuk memilih cagub dan cawagub yang memiliki program pro terhadap rakyat serta konsisten dalam memberantas korupsi, maka mereka menjatuhkan pilihan pada pasangan Ahok-Djarot. Alasannya, Gerasi melihat pasangan Ahok-Djarot memiliki unsur-unsur yang bisa menjadikan Jakarta lebih baik.

“Kami segenap relawan yang tergabung dalam Gerasi, dengan ini mendeklarasikan diri untuk bergabung dan berperan aktif memenangkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua tanggal 19 April 2017,” ujarnya.

 

https://youtu.be/Nm_FMD_sYLw

Tags :

About the Author