Bukan Dikucek, Begini Cara Tepat Atasi Mata yang Terasa Gatal

Liputan389 – Rasa gatal bisa muncul pada setiap bagian tubuh anda, tak terkecuali pada mata. Nah, ketika anda mata terasa gatal, mengucek mata menjadi hal yang kerap dilakukan.

Menanggapi hal ini, dr Endang Johani SpM dari RS Siloam Lippo Village Karawaci mengatakan, ketika mata terasa gatal sebaiknya hindari mengucek mata. Sebab, sel pada kornea mata sangat halus sehingga bisa rentan mengalami kerusakan.

“Solusinya bisa dengan melakukan kompres dingin. Ambil dua lembar kapas kosmetik, celupkan pada air es, peras, lalu kompres selama 1-3 menit. Kemudian ulangi beberapa kali sampai mata terasa nyaman,” kata dr Endang dalam perbincangan dengan

Hal tersebut juga diamini oleh dr Zeiras Eka Djamal, SpM yang dihubungi terpisah. Ia mengatakan, mengucek mata saat ada rasa gatal akibat masuknya debu misalnya, justru dapat berisiko mencederai mata karena debu dapat menggores permukaan mata ketika mata dikucek.

“Jadi nggak disarankan mengucek mata. Solusinya, jika gatal kedipkan mata saja beberapa kali karena ini bisa jadi tanda iritasi,” ucap dokter yang praktik di Jakarta Eye Center (JEC) ini.

Nah, saat rasa gatal tak kunjung berkurang, dr Zeiras menyarankan untuk menggunakan obat yang mengandung steroid untuk mengatasi mata iritasi. Namun jika rasa gatal tak kunjung sembuh, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Lantas, benarkah mengucek mata dapat menyebabkan mata minus? Menurut dr Endang, hal ini tidak ada hubungannya. Pasalnya, refraksi anomali atau mata minus, plus, silinder disebabkan oleh kelainan bentuk dan ukuran bola mata.

Liputan389 – Terasa Seperti Ada yang Mengganjal di Mata? Bisa Jadi Ini Sebabnya

b029c339-c3d9-4622-8455-f37f0dedb528_43
Adakah butiran debu di mata?

Rasa mengganjal pada mata bisa terjadi pada semua orang dan membuat tidak nyaman sering diabaikan. Sebenarnya, apa ya yang menyebabkan timbulnya rasa mengganjal di mata?

dr Endang Johani SpM dari RS Siloam Lippo Village Karawaci mengatakan, rasa mengganjal pada mata paling sering disebabkan oleh mata kering atau dry eyes. Untuk mengatasinya, Anda bisa meneteskan air mata buatan.

“Diberikan air mata buatan sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kekeringan mata. Sebab air mata buatan ada berbagai jenisnya,” ucap dr Endang kepada baru-baru ini.

Selain itu, penyebab lain rasa mengganjal pada mata adalah adanya lithiasis atau timbunan titik kalsium pada bagian dalam kelopak mata. Hal ini bisa terjadi akibat metabolisme kalsium yang tidak sempurna dalam tubuh.

“Itu (kalsium) dari makanan kita sehari-hari. Kalau nggak sempurna penyerapannya ke tulang bisa mengendap di tempat lain, misalnya pada selaput bening mata di dalam kelopak mata,” sambung dr Endang.

Sementara itu, menurut dr Zeiras Eka Djamal, SpM dari Jakarta Eye Center, rasa mengganjal pada mata juga bisa diakibatkan bulu mata yang jatuh dan tertinggal di dalam mata. Ketika bulu mata jatuh dan tertinggal di mata, bisa timbul iritasi di permukaan mata dan muncul rasa tidak nyaman.

Nah, saat rasa mengganjal telah mengganggu aktivitas dan terjadi dalam beberapa hari, baik dr Endang maupun dr Zeiras menyarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata.

Tags :

About the Author