Istana: Sudah Ada Komitmen SBY Kembalikan Mobil Kepresidenan

Liputan389 – Satu unit mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard dipinjamkan oleh negara kepada presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan mobil yang dipinjamkan tersebut akan segera dikembalikan ke negara.

berita-jokowi-ri-1_20170320_211447
Satu unit mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard

“Baru beberapa minggu lalu, sudah ada komitmen dari pihak beliau mobil itu akan dikembalikan,” terang Djumala kepada, Selasa (21/3/2017).

Saat ini, kata Djumala, sedang dilakukan proses administrasi pengembalian mobil tersebut. “Lagi dibuat surat pengembaliannya,” katanya.

Yang terpenting saat ini, kata Djumala, adalah adanya komitmen untuk pengembalian mobil tersebut ke negara.

“Tapi yang paling penting ada komitmen dari beliau akan dikembalikan dalam waktu dekat,” katanya.

Jika sudah dikembalikan, lanjut Djumala, mobil itu akan menjalani proses pemeriksaan dan perawatan sesuai dengan standar mobil kepresidenan.

“Sebagai mobil VVIP, harus dilihat standar operasional. Itu akan dilakukan,” katanya.

Liputan389 –┬áSatu unit mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard dipinjamkan negara kepada presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY menilai tak ada yang salah dengan peminjaman mobil tersebut.

b012f4b3-caa8-4a3d-b549-20096831ad97_169
Satu unit mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard dipinjamkan negara kepada presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Hal ini disampaikan SBY melalui rilis yang diterima dari juru bicara Partai Demokrat Imelda Sari, Selasa (21/3/2017). Peminjaman mobil kepresidenan tersebut diatur dalam aturan hukum yang jelas, yakni UU Nomor 7 Tahun 1978.

“Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 Pasal 8 disebutkan bahwa bekas (mantan) presiden dan wakil presiden disediakan sebuah kendaraan milik negara beserta pengemudinya. Dasar hukumnya sangat jelas,” ujar SBY.

112837_mobilmercy
Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 Pasal 8 disebutkan bahwa bekas (mantan) presiden dan wakil presiden disediakan sebuah kendaraan milik negara beserta pengemudinya.

Karena itu, ketika setelah 20 Oktober 2014 dulu, mobil yang telah tujuh tahun saya gunakan itu diantar dan diserahkan ke rumah saya, saya nilai tidak salah. Apalagi dijelaskan bahwa mobil itu tetap milik negara, dan operasional mobil tersebut beserta pengemudinya di bawah kendali Paspampres,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan mobil yang dipinjamkan tersebut akan segera dikembalikan ke negara.

“Baru beberapa minggu lalu, sudah ada komitmen dari pihak beliau mobil itu akan dikembalikan,” terang Djumala kepada, Selasa (21/3).

Saat ini, kata Djumala, sedang dilakukan proses administrasi pengembalian mobil tersebut. “Lagi dibuat surat pengembaliannya,” katanya.

Tags :

About the Author