Rumah Rp 350 Juta, Sandiaga: Konsepnya Seperti di Singapura

Liputan389 – Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno yakin bisa mewujudkan rumah seharga Rp 350 juta di Jakarta. Dia menyebut konsepnya akan seperti di Singapura.


“Rumah ada kok di Jakarta. Konsepnya titik berat hunian vertikal dan diadakan di lahan milik Pemprov yang fungsisasinya rendah. Untuk lengkapnya akan dibahas di focus discussion grup yang terbuka, karena ini mendapat antusiasme masyarakat,” ujar Sandiaga di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2017).

Untuk bentuk bangunannya sendiri, Sandiaga akan merujuk konsep Singapura Housing Development Board. Di mana nantinya akan sangat terjangkau untuk masyarakat dengan penghasilan di bawah Rp 7 juta.

“Iya kalau bentuknya Singapura housing devolopment board. Unit-unitnya vertikal dan terjangkau oleh masyarakat. Serta pembiayaannya cukup ringan untuk masyarakat yang pendapatan dibawah 7 juta,”

Sandiaga tidak menampik bahwa konsepnya ini akan seperti rusunami (rumah susun sederhana milik). Meski demikan konsepnya ini masih bisa disesuaikan.

“Rusunami bentuknya? Bukannya rumah kaya di kampung-kampung?,” tanya wartawan.

“Iya itu juga bisa. Untuk kami, sementara yang di tanah pemprov bentuknya vertikal. Nanti akan kami undang dari real estate Indonesia, Kadin, perbankan, BI, dan semua pihak yang ingin mewujudkan itu,” jelasnya.

Ditambahkan Sandiaga, usulan ini akan sangat konkrit untuk mencoba mencari solusi biaya perumahan yang semakin hari semakin mahal. Ia juga menargetkan pembangunan 50 ribu unit dengan alokasi pertahunnya sebesar Rp 3 triliun.

“Targetnya 50 ribu unit untuk mengurangi backlock dari yang tadinya 300 ribu unit dengan harga terjangkau bagi warga Jakarta. Kalau per tahun alokasi bisa Rp 3 triliun, Jadi bisa dalam 5 tahun mengurangi 83 persen dari pada backlock,” tutup Sandiaga.

Ahok: Kalau Ada Rumah Rp 350 Juta di Jakarta, Aku Beli 10

AHOK NAIK KRL BERTEMA MUSEUM TRANSPORTASI. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (tengah) bersama Direktur Utama PT. KAI Edi Sukmoro (kedua kanan) menaiki gerbong Commuterline yang didekorasi dengan tema "Museum Transportasi" di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Minggu (21/6). Gerbong Commuterline yang didekorasi menyerupai suasana layaknya di dalam museum tersebut dalam rangka menyambut HUT ke-488 Kota Jakarta. MI/ARYA MANGGALA
Ahok: Kalau Ada Rumah Rp 350 Juta di Jakarta, Aku Beli 10

Liputan389 – Cawagub DKI Jakarta Sandiaga Uno yakin bisa mewujudkan rumah seharga Rp 350 juta di Jakarta. Cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) minta dilaporkan bila masih ada rumah di Jakarta seharga Rp 350 juta. Sambil berkelakar, Ahok akan membeli 10 rumah dengan harga tersebut.


“Kalau ada rumah Rp 350 juta, aku juga masih mampu loh. Kalau Rp 3,5 miliar dikumpulin bisa beli 10 loh. Nanti tolong kasih tahu aku deh, aku mau beli dulu 10 deh,” canda Ahok saat ditemui di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Jumat (31/3/2017).

f2449f32-3338-41d1-a3d7-3f926db7bd2d_169
Kalau ada rumah Rp 350 juta, aku juga masih mampu loh. Kalau Rp 3,5 miliar dikumpulin bisa beli 10 loh

Ahok sendiri sangsi bila di Jakarta masih ada rumah layak huni seharga Rp 350 juta. Dia mengatakan bila ada rumah dengan harga Rp 350 juta di Jakarta, warga akan berebut untuk membeli. Dia pun menyebut susah mencari rumah harga murah di Jakarta.

“Kalian ini kaya kura-kura dalam perahu saja. Kalau di Jakarta rumah bagus-bagus harga Rp 350 juta, pasti lu orang pada mau beli tuh. Ada nggak (rumah Rp 350 juta)? Susah nyarinya,” ujar Ahok.

“Kalau (rumah) Rp 350 juta, ukurannya cuma 10 meter persegi atau di gang,” imbuhnya.

Ahok menjelaskan bila ukuran rumah yang wajar untuk ditempati adalah rumah minimal dengan tipe 36. Sementara saat ditanya soal rumah DP 0 persen, Ahok enggan berkomentar.

“Ukurannya yang wajar, 36. Karena rumah yang wajar minimal tipe 36,” kata Ahok.

“Kamu tanya yang bersangkutan saja (soal rumah DP 0 persen). Nanti dia marah lagi sama aku,” tutup Ahok sambil bercanda.

Sebelumnya, Sandiaga Uno yakin bisa mewujudkan rumah seharga Rp 350 juta di Jakarta. Dia mengaku sudah mengidentifikasi sejumlah wilayah di Ibu Kota yang bisa digunakan untuk membangun rumah tersebut.

Namun cawagub nomor urut 3 itu tak mau menyebut lokasi yang akan dibangun rumah seharga Rp 350 juta itu. Alasannya, dia khawatir akan ada pihak-pihak tertentu yang akan bermain.

“Tempatnya sudah kami identifikasi, tapi tidak bisa kami rilis. Mohon maaf, karena banyak sekali spekulan yang akan bermain tanah. Kami sudah identifikasi. Percayalah, saya sudah pernah buat bisnis dari nol,” kata Sandiaga di Universitas BSI, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).

“Sayaistiqomah akan hadirkan rumah dengan DP nol rupiah itu angkanya Rp 300 sampai Rp 350 juta,” lanjut Sandi.

Tags :

About the Author