Terlihat Batu Asteroid Yang Akan Melewati Sekitar Bumi Pada Hari 19 April

Liputan389 – Di Perkirakan sebuah Benda batu asteroid besar akan melintas di sekitar dekat bumi. Batu di luar angkasa yang dikenal dengan nama JO25 pada tahun 2014, akan melewati bumi dengan aman.


Dirangkum dari CNN yang mengutip NASA, Liputan389 Minggu (9/4/2017), batu asteroid tersebut diperkirakan melintas dekat bumi pada tanggal 19 April. Kebetulan pada tanggal tersebut di Jakarta akan dilaksanakan pemungutan suara putaran kedua Pilgub DKI 2017. Namun, tentu tak ada kaitannya dengan melintasnya asteroid ini.

Batu Asteroid Yang Dirangkum dari CNN yang mengutip NASA

“Hanya saja tak ada kemungkinan untuk batu asteroid itu yang akan menabrak planet kita, ini akan menjadi titik terdekat sebuah batu asteroid sebesar itu dengan bumi,” Ucap kata NASA dalam pernyataannya yang dikutip/diambil dari CNN.

Bahwa NASA telah memperkirakan ukuran asteroid yang akan melintas itu sekitar 2.000 kaki atau hanya 650 meter. Ini merupakan ukuran yang lumayan cukup besar bagi sebuah batu asteroid yang merupakan pecahan benda batu – batu angkasa di langit.

Dan sementara itu jarak antara asteroid itu dengan bumi diperkirakan sepanjang 1,8 juta kilometer. Jarak ini sama dengan 4,6 kali jarak antara bumi dengan bulan.

Mungkin banyak batu asteroid lain lain yang berukuran lebih kecil melintas dengan jarak yang lebih dekat dari bumi ini, akan tetapi ini merupakan jarak terdekat batu asteroid sebesar itu dengan ukuran bumi. Yang setidaknya selama 13 tahun terakhir.

Batu asteroid ini akan nantinya hanya dapat dilihat dengan menggunakan alat teleskop. Batu asteroid yang memiliki permukaan yang dapat memantulkan cahaya sinar sehingga memungkinkan untuk dilihat dengan menggunakan alat teleskop.

Tags :

About the Author