Jokowi Membahas Soal Masalah Korea Utara dan Laut China Selatan di KTT ASEAN

Liputan389¬†–¬†Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-50 Association of South East Asia Nations (ASEAN) Jokowi Membahas Soal Masalah Korea Utara dan Laut China Selatan di KTT ASEAN¬†berlangsung hari ini. Pada rangkaian KTT tersebut, Presiden RI Jokowi juga menyinggung soal ketegangan yang terjadi di Semenanjung Korea.

“ASEAN harus mengirim pesan kuat kepada Korea Utara agar taati semua resolusi Dewan Keamanan PBB,” kata Jokowi di Formal Living Room, Coconut Palace, Manila, dalam keterangan tertulis dari Biro Pers Setpres, Liputan389 Sabtu (29/4/2017).

Jokowi Membahas Soal Masalah Korea Utara dan Laut China Selatan di KTT ASEAN berlangsung hari ini

Pertemuan tersebut dihadiri oleh seluruh pemimpin negara-negara ASEAN. Jokowi juga meminta semua pihak untuk menahan diri dari ketegangan yang terjadi.

“Stabilitas dan perdamaian di Semenanjung Korea harus segera dikembalikan,” kata Jokowi.

Dia juga menyatakan bahwa akan membahas situasi yang terjadi di Semenanjung Korea bersama Presiden China Xi Jinping. Sehingga ditemukan solusi yang tepat.

Menyambung pemaparannya, Jokowi juga menyinggung soal Laut China Selatan. Menurutnya permasalahan yang terjadi di perairan itu perlu pembahasan mendalam.

Negara-negara ASEAN menginginkan adanya Code of Conduct (CoC) dengan China terkait Laut China Selatan. Kerangka dari CoC tersebut sudah dibuat dalam pertemuan ASEAN-China di Bali pada Desember 2016 dan disempurnakan di Kamboja pada Maret 2017.

“Indonesia mengajak Republik Rakyat Tiongkok untuk terus memberikan kontribusi bagi stabilitas dan perdamaian di Laut Tiongkok Selatan,” ungkap Jokowi.

Tags :

About the Author