Kampung Melayu Jakarta Timur semalam diteror oleh aksi teroris yang meledakan diri di sekitar terminal tersebut

Ada kaitan Pelaku Bom Kampung Melayu dan Cicendo

Liputan389 – Terjadi dua kali ledakan di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada sekitar pukul 21.00 WIB tadi. Seorang saksi mata Hudi menceritakan detik-detik terjadinya ledakan bom.

Hudi dalam perjalanan dari Jalan Satrio menuju Basuki Rahmat. Saat terjadi ledakan pertama, Hudi yang berboncengan dengan istri persis akan nanjak di Fly Over Kampung Melayu. “Pada saat saya mau naik fly over Kampung Melayu terdengar dentuman. Saya pikir itu ban truk pecah,” kata Hudi saat berbincang dengan Liputan389, Rabu 24 Mei 2017 lalu.

Ledakan pertama menimbulkan bau asam yang sangat menyengat. “Saya pikir itu dari kebakaran, karena baunya sangat menyengat. Orang pada melihat ke bawah dan masih bertanya-tanya soal apa yang terjadi,” cerita Hudi.

Persis saat kendaraan Hudi berada di puncak fly over, kembali terjadi ledakan yang kedua. “Kurang lebih lima menit setelah ledakan pertama,” kata dia.

Pada ledakan kedua inilah Hudi yakin bahwa itu adalah bom. “Baru saya yakin itu bom. Arah asap bersumber di dekat toilet umum,” kata dia.

Hudi melihat dari fly over ada seorang pengemudi gojek dipapah. “1 orang tukang gojek terkapar, belum meninggal ditolong 2 orang mengangkatnya,” kata Hudi.

Terduga pelaku teror bom panci di Kampung Melayu, Jakarta Ichwan Nurul Salam diduga satu jaringan dengan para pelaku teror bom panci di Taman Pendawa, Cicendo, Kota Bandung beberapa waktu lalu.

“Istrinya sempat dikenalkan oleh suaminya (Ichwan Nurul Salam) ke salah satu pelaku bom panci di Cicendo yang namanya Agus,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus di sela-sela penggeledahan rumah Ihwan di Jalan Cibangkong, Kota Bandung, Jabar, Kamis 25 Mei 2017.

Agus sendiri ditangkap di indekosnya di Jalan Kebon Gedang III RT 02 RW 11, Kelurahan Maleer, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung pada Rabu (8/3) lalu. Saat penangkapan itu, ditemukan sejumlah komponen bahan peledak.

“Semuanya ini keterkaitan dengan yang Purwakarta juga,” tuturnya. “Yang bersangkutan masih akan diperiksa sekaligus melakukan tes DNA,” katanya.

Yusri mengatakan, saat ini istri dari Ihwan sudah dibawa petugas untuk dilakukan pemeriksaan. Rumah Ichwan di Jalan Cibangkong, RT 02 RW 07 Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, didatangi tim Densus 88 Antiteror dan Polda Jabar. Istri dan dua anak Ichwan dibawa petugas.

Petugas menggeledah rumah Ihwan. Dalam penggeledahan itu, petugas menemukan barang bukti berupa dua buah agen poker sangkur, peralatan militer, dan sejumlah dokumen seperti ajaran-ajaran agama dan paspor.

About the Author