Ini dia ternyata ada passpor yang sangat langka dan di dunia hanya ada tiga

Ini Dia Paspor Paling Langka Di Dunia

Liputan389 – Sebuah paspor menjadi identitas sekaligus syarat bagi traveler untuk keluar negeri. Namun tahukah kamu, ada sebuah paspor langka yang hanya ada tiga di dunia.

Adalah Paspor Sovereign Military Order of Malta atau yang biasa disingkat Order of Malta. Namun perlu diketahui, paspor itu bukan dikeluarkan oleh negara melainkan sebuah ordo Katolik. Mirip dengan visa diplomatik.

Dilansir Tim Liputan389 dari situs resminya, Senin 12 Juni 2017 Order of Malta merupakan sebuah ordo Katolik Roma yang bersifat militer. Ordo ini didirikan di Yerusalem sekitar tahun 1099 dan masih ada hingga saat ini.

Berpusat di Palazzo Malta Roma, ordo tersebut hadir untuk menjadi benteng bagi agama Katolik sekaligus menjadi perwakilan agama untuk membantu kaum kecil.

Menariknya, para petinggi dari Order of Malta diberi hak untuk memegang paspor khusus yang berwarna merah. Hanya tiga petinggi Order of Malta saja yang memegangnya, yakni Grand Master, Wakil Grand Master dan Kanselir Ordo.

Namun walau dikeluarkan oleh sebuah ordo lembaga agama, paspor tersebut memiliki kedaulatan dan dapat dipergunakan untuk melintasi batas antar negara.

Hanya saja, tidak semua negara dapat dikunjungi oleh pemegang paspor merah langka ini. Beberapa negara seperti Inggris, AS dan Selandia Baru tidak menerima paspor tersebut.

Diketahui ada sekitar 105 negara yang mengakui kedaulatan paspor tersebut, termasuk 12 negara Schengen (Republik Ceko, Jerman, Spanyol, Italia, Latvia, Hungaria, Austria, Malta, Polandia, Portugal, Slovenia, Slovakia).

About the Author