Tips Atasi Masalah Keuangan di Tanggal Tua

0
24
views
Tips ini penting bagi kamu yang sedang dalam masalah keuangan di tanggal tua
Tips ini penting bagi kamu yang sedang dalam masalah keuangan di tanggal tua

Liputan389 – Setiap pengusaha tentu tak mau ada masalah keuangan menimpa usahanya. Karena dapat mengganggu kegiatan operasional bisnis itu sendiri. akan tetapi setiap perjalanan bisnis pasti mengalami pasang surut. Apabila keuangan usaha Kamu sedang mengalami masa surut, berikut adalah tips agar perusahaan Kamu tidak salah mengambil keputusan keuangan:

1. Buat Kerjasama dengan Investor

Untuk menghemat biaya, Kamu bisa menjalin kerja sama dengan para supplier menggunakan sistem konsinyasi (titip jual) atau sistem kredit (atau pembayaran dilakukan di akhir bulan). Dengan begitu, Kamu masih bisa mengoptimalkan stok produk dan menggunakan sisa modal yang ada untuk menutupi keperluan lainnya terlebih dahulu.

2. Dongkrak penjualan dengan barang berkualitas

Salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah pintar memutar otaknya dalam setiap situasi apapun. Apalagi di tengah kondisi keuangan yang sedang seret, maka melakukan pendongkrakkan penjualan merupakan hal yang sangat penting.

Di sinilah seorang pengusaha harur memutar otaknya mengenai cara-cara apa aja yang harus dilakukan demi mendongkrak penjualan. Kemampuan melihat peluang dengan jelih akan sangat berguna di sini.

Ada banyak hal yang akan Kamu pertaruhkan Apabila Kamu gagal melakukan pendongkrakkan penjualan, di mana salah satunya adalah gulung tikar. Tentu saja Kamu tidak menginginkan hal tersebut bukan. Tetapi mau bagaimana lagi?

Apabila keuangan bisnis Kamu mulai seret sedangkan hasil penjualan juga hanya berada pada angka itu-itu saja, apalagi yang dapat dilakukan?

Oleh karena itu, melakukan inovasi sebaik mungkin dan pintar melihat peluang adalah cara untuk menyelesaikan masalah bisnis Kamu yang mulai seret.

1. Menekan Biaya Operasional Sehari-hari

Biaya operasional terkadang menjadi faktor yang menyebabkan keuangan usaha mengalami masalah. Kegagalan dalam mengatur biaya yang dialokasikan untuk biaya operasional merupakan penyebabnya. Pemilik usaha lebih fokus pada suatu hal sehingga soal anggaran mulai terabaikan.

2. Jangan berhutang, cicil sedikit demi sedikit bahkan sampai lunas

Ketika kondisi keuangan usaha kamu sedang sulit, maka hal utama yang perlu kamu hindari adalah menolak sistem pembayaran jatuh tempo. Usahakan untuk meminta pelanggan atau konsumen kita untuk melakukan transaksi pembayaran secara tunai (cash), agar perputaran uang usahamu bisa berjalan dengan lancar.

3. Jangan tergiur investasi keuangan bodong

Hampir sebagian besar pengusaha mengalami kondisi keuangan usaha yang kurang sehat karena mereka terjebak pada tawaran investasi yang bernilai besar akan tetapi hasilnya tidak sesuai dengan perhitungan kita. Karenanya untuk mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut, ada baiknya bila kamu lebih bijak dalam memilih tawaran investasi.

Comments

comments