Ulang tahun Presiden Jokowi, para Netizen ucapkan ulang tahun lewat media sosial twitter dan Instagram

Hashtag Happy56thJokowi Berkumandang di Twitter

Liputan389 – Presiden RI Joko Widodo hari ini berulang tahun ke-56. Ucapan selamat beserta iringan doa pun berkumandang di media sosial instagram dan twitter lewat hashtag #Happy56thJokowi.

Seperti Kami pantau pada hari Rabu 21 Juni 2017, netizen mulai ramai memberikan ucapan selamat sejak pukul 00.00 WIB. Hingga berita ini diturunkan, hashtag #Happy56thJokowi akhirnya menembus trending topic.

Ada yang memberikan ucapan selamat kepada presiden kita yang ternyata berzodiak Gemini ini. Ada juga netizen yang menyampaikan harapan agar Jokowi amanah dalam menunaikan tugas dan janji-janjinya. Di antaranya, ada juga menteri yang ikut memberikan selamat bersama para netizen lainnya. Berikut beberapa cuplikannya:

Netizen di Twitter ramai-ramai menggunakan tanda pagar #Happy56thJokowi saat menyampaikan ucapannya. Pantauan Kami di jejaring sosial itu pagi ini, tagar itu pun menduduki urusan teratas trending topic untuk wilayah Indonesia.

Tidak hanya tagar #Happy56thJokowi, ada dua kalimat yang terkait dengan Jokowi pun muncul di daftar trending topic wilayah Indonesia. Keduanya adalah Pak Presiden dan Selamat Ulang Tahun Pak.

Jokowi, sang Presiden RI ke-7, dikenal cakap memanfaatkan kanal media sosial untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Selain di Twitter, Jokowi juga punya akun resmi di Facebook, Instagram, dan YouTube.

Akun miliknya di jagat micro blogging tersebut saat ini adalah @jokowi, yang diresmikan pada hari ulang tahun Jokowi tahun 2015. Sebelumnya Jokowi memakai username @jokowi_do2.

Tak lama setelahnya, pada Agustus 2015, Jokowi tercatat sebagai presiden pertama di kawasan Asia Tenggara yang melakukan streaming lewat layanan video Twitter, Periscope.

Jokowi adalah Presiden Dengan Followers Terbanyak Ke-4 di Instagram dan Twitter

Presiden RI, Joko Widodo menempati posisi ke-4 sebagai pemimpin negara dengan pengikut terbanyak di Instagram. Setidaknya begitu menurut laporan berrtajuk “World Leaders on Instagram” yang dirilis firma komunikasi strategis global, Burson Marsteller.

Jokowi, begitu ia kerap disapa, saat ini memiliki sekitar 3,8 juta pengikut alias followers di Instagram (@jokowi). Jumlah itu meningkat 673 persen dibandingkan satu tahun lalu.

Hal ini tak lepas dari keaktifan Jokowi berinteraksi dengan para pengikutnya. Menurut laporan, Jokowi juga berada pada peringkat ke-4 sebagai pemimpin negara yang paling interaktif di Instagram.

Secara total, ada 17 jutaan interaksi yang dibangun Jokowi via layanan berbagi foto dan video tersebut, sebagaimana Kami ulas dari keterangan pers yang diterima.

Menilik laporan Burson Marsteller selengkapnya, ada 73 kepala negara, 38 kepala pemerintah, serta 28 perdana menteri yang memiliki akun Instagram pribadi di Instagram.

Per April 2017, Perdana Menteri India Narendra Modi (@narendramodi) menjadi pemimpin negara yang paling banyak diikuti di Instagram dengan jumlah pengikut 7,2 jutaan. Lantas posisi kedua ditempati Presiden AS Donald Trump (@realdonaldtrump) dengan 6,6 jutaan pengikut.

Di peringkat ketiga ada Kepala Negara Kota Vatikan, yakni Paus Fransiskus (@franciscus).  Paus ke-266 tersebut diikuti oleh 3,8 juta followers.

Jokowi beradu sengit dengan Paus Fransiskus dari segi jumlah pengikut, sebab sama-sama di kisaran angka 3,8 jutaan followers. Pada 1 April lalu, jumlah pengikut Jokowi masih 3,4 jutaan sementara Paus Fransiskus sudah 3,7 jutaan. Artinya, pertumbuhan pengikut Jokowi lebih signifikan.

About the Author