Sebanyak 8 korban tewas akibat insiden jatuhnya heli basarnas di Temanggung

Korban Heli Basarnas Jatuh Sudah Diidentifikasi

Liputan389 – Kasus jatuhnya Heli Basarnas memang sontak langsung menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Sebanyak 8 jenazah korban kecelakaan helikopter Basarnas dibawa ke RS Bhayangkara Semarang. Identifikasi dilakukan tim Disaster Victim Identification atau biasa disingkat DVI Polda Jateng.

Jenazah datang bergiliran, 3 jenazah tiba pukul 01.30 WIB, 2 jenazah tiba pukul 03.00 WIB, 3 jenazah tiba pukul 04.00 WIB, Senin 3 Juli 2017. Tim Basarnas termasuk Kepala Basarnas Jateng, Agus Haryono tak kuasa menitikan air mata.

Pihak keluarga datang sekitar pukul 03.00 WIB dan isak tangis pecah di ruang Instalasi Dokpol RS Bhayangkara Semarang.

Terpisah, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Condro Kirono mengatakan jenazah diidentifikasi oleh tim DVI dan akan diserahkan ke pihak keluarga. Penghormatan juga dilakukan kepada para korban yang gugur.

“Saat ini jenazah dibawa ke rumah sakit Polri di Semarang, Rumah Sakit Bhayangkara untuk dilakukan identifikasi oleh tim DVI. Diserahkan pada keluarga dan satuan Basarnas. Untuk penghormatan terakhir,” kata Condro, Senin 2 Juli 2017.

Untuk diketahui, 8 korban tersebut meninggal saat akan menuju lokasi letusan kawah di Dieng, Banjarnegara. Mereka berangkat dari Ahmad Yani Semarang menggunakan helikopter Dauphin milik Basarnas.

Helikopter lepas landas pukul 16.00 WIB dan setelah terbang 12 menit, crash terjadi di Pegunungan Butak, Temanggung, Jateng. Kapolda menambahkan, untuk kepastian penyebab jatuhnya helikopter, akan dilakukan pihak terkait termasuk Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Kalau teknis kecelakaan memerlukan waktu dari black box, dari Basarnas, KNKT. Black box sudah diamankan,” ujar Condro.

Bila kotak hitam tersebut sudah ditemukan, maka dengan sangat mudah diketahui apa yang sebenarnya menjadi penyebab dari terjadinya kecelakaan tersebut.

Korban tewas terdiri dari 4 kru dan 4 tim rescue Basarnas:

Kru Heli Basarnas:

1. Kapten Laut (P) Haryanto
2. Kapten Laut (P) Li Solihin
3. Serka Mpu Hari Marsono
4. Peltu LPU Budi Santoso

Tim Inti Basarnas:

1. Maulana Afandi
2. Nyoto Purwanto
3. Budi Resti
4. Catur

About the Author