Salah satu korban jatuhnya heli basarnas di Temanggung

Kronologi Jatuhnya Heli Basarnas di Temanggung

Liputan389 – Jatuhnya heli ini langsung tersebar luas di telinga masyarakat Indonesia. Kepala Basarnas Marsekal Muda Muhammad Syaugi mengatakan, heli milik Basarnas jatuh di Pegunungan Butak, Temanggung, Jateng. Heli tersebut jatuh saat perjalanan baru memakan waktu 12 menit.

“Dia ini berangkat pada pukul 16.00 WIB, baru 12 menit perjalanan kita dapat info dari transmisi lokal itu heli mengalami crash,” ujar Syaugi kepada tim Liputan389, Senin 3 Juli 2017, pukul 02.00 WIB.

Menurutnya, helikopter itu akan melakukan perjalanan ke Dieng. Jarak yang tempuh waktu dari tempat heli berangkat ke Dieng adalah 15 menit.

“Harusnya dia terbang 15 menit, tapi di menit ke 12, dari alat transmisi lokal itu dikabarkan heli mengalami crash atau benturan,” ucapnya.

Namun, Syaugi belum bisa memastikan penyebab kecelakaan tersebut. Menurutnya penyebab kecelakaan akan diumumkan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportas (KNKT).

Helikopter milik Basarnas mengalami kecelakaan di Gunung Butak, Temanggung, Jawa Tengah. Akibat kecelakaan tersebut, 8 orang yang terdiri dari 4 kru dan 4 tim rescue Basarnas meninggal dunia.

Kepala Basarnas Marsekal Muda Muhammad Syaugi mengatakan, helikopter tersebut berangkat pukul 16.00 WIB dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Sebelumnya, heli itu berada di Gringsing, Batang. Berikut kronologi kecelakaan heli tersebut yang disampaikan Ka Basarnas, Hari ini, Senin 3 Juli 2017.

Minggu 2 Juli 2017

Pukul 14.45 WIB

Helikopter Dauphin berangkat dari Gringsing ke Semarang untuk mengisi bahan bakar.

Pukul 16.00 WIB

Helikopter berangkat dari Bandara Ahmad Yani Semarang untuk melakukan rescue dan pemantauan di Dieng. Total penumpang dan kru yang ikut heli itu 8 orang.

Pukul 16.12 WIB

Heli melewati batas minimum ketinggian.

Pukul 16.14 WIB

Helikopter dilaporkan mengalami crash di ketinggian 7.000 kaki

Pukul 20.00 WIB

Petugas berhasil menuju di lokasi kecelakaan helikopter.

Senin 3 Juli 2017

Sekitar pukul 02.00 WIB

8 korban ditemukan tewas di lokasi kecelakaan dan langsung dilarikan ke RSUD Temanggung. Kasus ini menambah panjang kasus kecelakaan transportasi saat sedang melakukan penyelamatan korban bencana.

About the Author