Seorang Pria dduga teroris ISIS yang berasal dari Kalimantan, dan saat ini sedang berada di Jawa Timur

Pria Ini Viral dan Diduga Gabung ISIS

Liputan389 – Sebuah informasi beredar viral mengenai sosok warga asal Kalimantan Barat yang diduga bergabung dengan ISIS (Islamic State of Iraq and Syria). Sosok yang disebut berinisial MAN itu dikabarkan sudah kembali ke Indonesia setelah melakukan amaliah di Suriah.

Amaliah memiliki pengertian perbuatan yang berkenaan dengan amal. Dalam dunia terorisme, pengertian amaliah kerap diartikan dengan tindakan ‘berjihad‘ atau aksi demi tujuan tertentu.

Belakangan, tersebar informasi di media sosial yang menyebutkan MAN kembali ke Indonesia. Ia dan kelompoknya dikabarkan sudah masuk ke Jawa Timur. Dalam informasi itu, turut dicantumkan foto-foto sosok MAN yang tengah menenteng senjata dengan rambut klimis.

Kapolres Sumenep AKBP H Joseph Ananta Pinora mengatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi yang beredar secara berantai tersebut. Ia juga telah menyebarkan anggotanya untuk menelusuri kebenaran informasi itu. Apabila memang ada lagi orang yang tak dikenal dan wajahnya mirip dengan foto yang beredar, akan diamankan.

“Belum jelas sumbernya dari mana, tetapi kita sudah melakukan kewaspadaan sejak lama. ada lagi informasi itu atau tidak, anggota di lapangan sudah ekstra-waspada sesuai instruksi Kapolda Jatim,” kata Joseph saat dihubungi tim Liputan389, Senin 3 Juli 2017.

Kembali ke sosok MAN, sebenarnya ia sudah menjadi pemberitaan sejumlah media massa pada 2015 karena dikabarkan bergabung dengan ISIS di Suriah dan melakukan sejumlah amaliah. MAN, yang diketahui berprofesi sebagai fotografer, diduga bergabung dengan ISIS sejak akhir 2014.

Pihak Mabes Polri juga menanggapi soal sosok pria berambut klimis tersebut. Mabes Polri telah menyelidiki kasus itu.

“Ya itu kan muncul di medsos, tapi kita belum dalami sampai sejauh mana. Nanti kita cek lagi. Nanti kita cek di polda setempat. Perlu diklarifikasi,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jaksel, Selasa 4 Juli 2017.

Sampai saat ini, polisi belum bisa memastikan sosok pria berambut klimis yang menenteng senjata itu anggota ISIS atau bukan. “Bisa saja itu orang-orang yang memanfaatkan situasi karena situasi lagi marak masalah teror ya mereka menunggangi situasi ini untuk mengambil keuntungan-keuntungan,” tutur Setyo.

About the Author