Tora Sudiro dan Mieke Amalia saat sedang menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Pasangan Artis Tora Sudiro dan Mieke Amalia Ditangkap Karena Narkoba

Liputan389 – Tora Sudiro dan Mieke Amalia saat ini dikabarkan ditangkap pihak kepolisian akibat narkoba. Kabar tersebut beredar kencang di kalangan wartawan. Ada isu yang menyebutkan, Tora dan Mieke Amalia ditangkap di rumahnya oleh satuan narkoba Polres Jakarta Selatan.

Di kalangan wartawan, beredar pula foto Tora Sudiro dan Mieke Amalia yang diduga sedang diperiksa pihak kepolisian berbaju non dinas. Tampak rambut Mieke Amalia yang basah. Mieke hanya mengenakan kaos putih bergambar tengkorak.Game AduQ Online Terpercaya

Sementara itu foto yang lainnya tampak Tora Sudiro sedang duduk di sebuah kursi sambil membuang muka. Di dekatnya ada seorang lelaki yang diduga polisi mengenakan kaos berwarna merah. Disebut-sebut lokasi penangkapan dilakukan di rumah Tora Sudiro di kawasan Cinere, Jakarta Selatan.

Tora Sudiro juga pernah dikabarkan tertangkap narkoba medio Maret 2010. Saat itu kencang terdengar Tora diamankan satuan narkoba Polres Jakarta Selatan. Namun kemudian Tora muncul dan membantah kabar tersebut.

Saat ini, Tora Sudiro tengah disibukkan dengan promo film terbarunya Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2. Sementara itu istrinya, Mieke Amalia masih berakting di sebuah judul sinetron.

Tora Sudiro dan Mieke Amalia rencananya, hari ini akan dirilis oleh Polres Jakarta Selatan. Namun, di antara kabar tersebut, ada yang menyebut pasangan itu sudah kembali pulang ke rumah. Benarkah hal tersebut? Namun, pernyataan itu di bantah oleh Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Vivick Tjangkung. Vivick menegaskan pasangan tersebut masih berada di Polres.

“Masa? Percaya sama orang lain?,” kata Vivick kepada Liputan389, Jumat 4 Agustus 2017. “Iya mereka masih di Polres Jakarta Selatan,” tegasnya. “Salah satu kerabat Tora Sudiro mengatakan bahwa Tora dan Mieke sudah pulang dan sudah berkumpul kembali bersama anak-anaknya,” tulis keterangan tersebut dalam.

Kabar Tora dan Mieke sudah bebas dan pulang ke rumah pertama kali beredar lewat akun gosip Lambe Lamis. Dalam keterangannya, disebut pasangan tersebut sudah pulang ke rumah. Netizen yang diduga sebagai kerabat Tora Sudiro pun angkat bicara mengenai hal tersebut.

“Alhamdulillah sudah beres mas. Sudah berkumpul dengan keluarga kembali. Thx atas perhatiannya,” papar salah satu netizen yang diduga kerabat Tora Sudiro.

Tora Sudiro dan Mieke Amalia diamankan di kediaman pribadinya, Kamis 3 Agustus pagi. Saat ditangkap polisi mendapatkan 30 butir dumolid. Setelah ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Selatan, kondisi Tora Sudiro dan Mieke Amalia sangat shock. Tapi, setelah banyak yang menjenguk, keduanya tampak lebih tenang.

Usai menjenguk Tora dan Mieke di Polres Jakarta Selatan, Jumat 4 Agustus 2017 dini hari, Stevie Item dan Arie Dagienkz irit bicara. Gitaris Andra & The Backbone, Stevie, bungkam seribu bahasa saat ditanya mengenai kondisi sahabatnya itu. Sedangkan Arie Dagienkz sedikit membocorkan kondisi Tora Sudiro saat itu.

“Tidak apa-apa kok dia. Sudah tenang kok, sudah better kok,” katanya sambil terus berjalan ke luar Polres.

Arie beralabi dirinya tak banyak cerita dari Tora dan Mieke. Kedatangannya, benar-benar hanya ingin melihat kondisi pasangan suami istri itu. Pasca ditangkap, Mieke Amalia dan Tora Sudiro langsung dilakukan tes urine. Hasilnya adalah positif mengandung benzoat. Dari tangan pasangan yang memiliki lima anak perempuan itu, polisi mengamankan 30 butir dumolid. Polres Jakarta Selatan menetapkan status tersangka pada artis Tora Sudiro. Tora dijerat UU Psikotropika dengan ancaman 5 tahun.

“Dengan barang bukti tersebut kita sesuai UU psikotropika tahun 1997 kami kenakan pasal 62 dan kami lakukan proses sebagaimana UU Psikoptripika,” kata Kasat Narkoba Polres Jaksel Kompol Vivick Tjangkung saat jumpa pers di kantornya, Jumat 4 Agustus 2017. “Dengan ancaman penjara 5 tahun,” tambah Vivick.

Pasal 62 UU No 5/1997 tentang psikotropika berbunyi seperti ini:

Barang siapa secara tanpa hak, memiliki dan atau membawa psikotropika dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 100.000.000

Pasangan artis Tora Sudiro dan Mieke Amalia ditangkap di kediamannya di perumahan Bali View, Tangerang Selatan sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis 3 Agustus kemarin. Dari rumah Tora, polisi menemukan 30 butir dumolid.

Dalam pemeriksaan, keduanya mengaku sudah setahun mengonsumsi dumolid. Keduanya terancam jerat pidana Pasal 62 UU Psikotropika Nomor 5 Tahun 1997 terkait kepemilikan dumolid.

Kepada polisi, Tora mengaku sudah setahun mengonsumsi obat tersebut. Obat tersebut dikonsumsi saat kesulitan tidur. Berbeda dengan Tora Sudiro, polisi tidak menetapkan status tersangka pada istrinya, Mieke Amalia. Sebab, Mieke hanya sebagai pengguna dan tidak terbukti memiliki obat keras itu. Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung mengatakan, pemilik 30 butir dumolid itu adalah Tora. Karena itu, istrinya dibebaskan.

“Istrinya hanya mempergunakan saja, kita kembalikan pada keluarga dalam waktu 1×24 jam,” kata Vivick di Mapolres Jaksel, Jumat 4 Agustus 2017. “Kami sarankan lakukan pengobatan,” ujarnya.

Namun begitu, polisi tetap menganjurkan agar Mieke menjalani pengobatan. Mike saat ini sedang jalani proses administrasi untuk dipulangkan. Tora Sudiro dijerat UU nomor 5 tahun 1997 pasal 62 tentang Psikotropika. Tora Sudiro terancam penjara 5 tahun.

About the Author