Omset dari bisanis kecoak ini puluhan juta dan itu bersih

Bisnis Jualan Kecoak yang Menjanjikan

Liputan389 – Kecoak bagi sejumlah orang adalah hal yang menjijikkan. Namun tidak untuk mahasiswa asal Taiwan, Dong Zhiwen. Bahkan ia berhasil meraup keuntungan besar dengan berjualan kecoak.

Dong Zhiwen sudah mulai berternak kecoak sejak hampir dua tahun lalu. Awalnya ia tidak niat berternak, hanya membeli binatang itu untuk memberikan makan hewan peliharaannya. Dong Zhiwen mengaku repot bila harus terus membeli hewan itu untuk makan peliharaan kesayangannya.

Karena merasa kerepotan, Dong Zhiwen pun belajar untuk ternak sendiri. Dalam waktu kurang lebih enam bulan, pria 20 tahun ini berhasil memproduksi hingga 40 ribu. Ternyata banyak pula orang yang tertarik membeli serangga tersebut.

Bisnis kecoak yang menjanjikan membuat pemuda ini mengalihkan usaha onlinenya ke bidang ini
Bisnis kecoak yang menjanjikan membuat pemuda ini mengalihkan usaha onlinenya ke bidang ini

Kini Dong Zhiwen memiliki sekitar 2,7 juta kecoak dari hasil ternaknya. Bahkan ia sudah punya tempat sendiri untuk berternak. Diklaim olehnya kalau hasil ternaknya bersih tidak seperti hewan lain pada umumnya.

“Ada sekitar 2,7 juta kecoak dari berbagai jenis di peternakanku.”

“Serangga ini aku yang beri makan dan tempat sendiri. Jadi serangga ini bersih dan tidak ada yang perlu ditakutkan,” ujar Dong Zhiwen.

Dari penjualan, Dong Zhiwen mengaku bisa meraup omzet 28 ribu yuan atau sekitar Rp 87 jutaan setiap bulan. Meski sukses, usaha Dong Zhiwen dianggap menjijikkan oleh beberapa temannya. Bahkan ada yang tak mau bersalaman dengan Dong Zhiwen karena takut kotor.

Dong Zhiwen memaklumi hal itu. Ia juga mengatakan awalnya Dong Zhiwen takut. Karena keadaan, ia pun mulai memberanikan diri. Saat ini ia sudah tahu bagaimana cara menanganinya.

Dong Zhiwen juga selalu mencuci tangan setelah berkunjung ke peternakannya. Ia pun memakai sarung tangan pada awalnya. Bahkan ia sering bermimpi selama kurang lebih sebulan. Pertamakali menangkap hewan itu, Dong Zhiwen mengaku merasa sensasi kesemutan dan mengira ia digigit kecoak. Kaki-kaki hewan tersebutmembuat dirinya merinding. Namun itu dulu, sekarang ia sudah terbiasa.

Dong Zhiwen kini sudah mengerti berbagai jenis kecoak, seperti cherry red dan Dolby yang paling laris di pasar Taiwan. Kaki jenis tersebut menurutnya tidak berduri, sayapnya juga tak bisa terbang jauh dan tinggi.

About the Author