Pendapat Anies Soal FPI yang Merawat Kebinekaan

0
7
views
Anies dan FPI kembali bikin rusuh jagat internet dengan statement keberagaman
Anies dan FPI kembali bikin rusuh jagat internet dengan statement keberagaman

Liputan389 –  Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan menghadiri milad ke-19 FPI di Stadion Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Dalam sambutannya Anies meminta FPI terlibat menjaga kebinekaan di Indonesia.

“Dalam kesempatan ini Aku ingin menegaskan kepada semua apa yang pernah kita sampaikan saat halal bihalal FPI DKI, ke depan FPI harus terus membuktikan bahwa inilah salah satu penjaga kebinekaan Indonesia. Harus hadir bukan bukan mengancam, harus hadir justru merawat kebinekaan,” kata Anies di lokasi, Sabtu 19 Agustus 2017.

Dia mengatakan, hari jadi ke-19 ini harus jadi pembuktian bagi FPI. Dia juga meminta FPI bersikap demikian pada tahun-tahun mendatang.

“Ini adalah komitmen yang sudah Aku dengan berkali-kali. Mari kita tunjukkan ke mata dunia bahwa 19 tahun perjalanan kemarin dan tahun-tahun ke depan menjadi tahun-tahun di mana masyarakat Indonesia merasakan kehadiran FPI sebagai penjaga kebinekaan,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu yang harus dilakukan untuk menjaga kebinekaan adalah dengan menghadirkan keadilan. Dia juga yakin FPI dapat terlibat dalam mewujudkan keadilan.

Di berbagai belahan dunia terjadi konflik, terjadi perpecahan, karena itu tanggung jawab kita adalah menghadirkan persatuan di Indonesia tetapi persatuan tidak bisa dihadirkan dalam ketimpangan, persatuan harus hadir dalam keadilan.

“Kita sering hanya bicara kesatuan tapi melewatkan keadilan. Keadilan adalah pondasi persatuan dan insyaallah FPI siap menghadirkan keadilan sosial di Indonesia,” imbuhnya.

Tak diketahui secara jelas kapan Anies hadir ke lokasi. FPI membatasi orang yang ingin masuk ke lokasi tersebut, termasuk untuk wartawan.

Sejumlah tokoh menghadiri perayaan milad FPI ke-19 di Stadion Muara Kamal, Penjaringan, Jakarta Utara. Selain Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan, putra Presiden ke-2 Soeharto, Hutomo Mandala putra alias Tomi Soeharto juga hadir. Dia mengatakan, massa yang hadir berjumlah sekitar 10 ribu orang. Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia.

“Tokoh yang hadir mereka tokoh lintas agama seperti Bapak Lieus (Sungkharisma), Bapak Rudi–uskup Agung. Tadi ada Anies Baswedan, Bapak Tommy Soeharto. Aparat pemerintah baik sipil maupun TNI hadir mendukung acara ini,” kata Ketua Tanfizi FPI DKI Jakarta, Abdul Majid di Stadion Muara Kamal, Sabtu 19 Agustus 2017.

“Kalau massa kemungkinan di atas 10 ribu orang dari berbagai macam warna dari seluruh Indonesia kumpul di sini,” ujarnya.

Kepada Liputan389, Lieus Sungkharisma yang merupakan perwakilan tokoh Tionghoa membenarkan tentang kehadiran Tommy. Dia juga memberikan foto Tommy Soeharto yang duduk di atas panggung menyaksikan rangkaian acara milad FPI.

Milad FPI sudah dimulai sejak pukul 03.00 WIB tadi. Acara ini dimulai dengan salat tahajud berjemaah. Usai salat tahajud dan salat subuh, Anies sempat memberikan sambutannya. Dia meminta FPI ikut menjaga kebinekaan di Indonesia.

Comments

comments