Dalam Pemilu Jepang PM Shinzo Abe Membubarkan Parlemen

0
5
views
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah membubarkan majelis rendah parlemen menjelang pemilihan yang cepat

Liputan389 Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah membubarkan majelis rendah parlemen menjelang pemilihan yang cepat.

Jajak pendapat tersebut, yang diumumkan pada hari Senin dan yang datang setahun lebih awal, akan berlangsung pada 22 Oktober.

Abe mencari mandat baru di tengah rebound dalam peringkat persetujuannya dan krisis nuklir Korea Utara yang sedang berlangsung.

Elang sayap kanan menjadi perdana menteri pada tahun 2012, dan Partai Demokrat Liberal (LDP) memimpin sebuah koalisi yang berkuasa yang mengendalikan Diet.

Abe mengalami penurunan popularitas awal tahun ini karena tuduhan kronisme.

Tapi dia melihat dukungan baru setelah Korea Utara menembakkan dua rudal balistik ke Jepang, yang oleh Mr Abe bersikap keras melawannya.

Seruannya untuk pemilihan cepat dianggap mengambil keuntungan dari oposisi yang lemah, dan LDP masih memimpin dalam jajak pendapat.

Tapi dia sekarang menghadapi pesaing baru dalam bentuk Partai Harapan konservatif yang baru saja diluncurkan, yang baru diresmikan pada hari Rabu dan telah mulai menarik beberapa dukungan.

Hal ini dipimpin oleh Yuriko Koike yang populer, gubernur wanita pertama di Tokyo dan seorang mantan jangkar berita televisi.

Beberapa anggota parlemen dari partai oposisi utama Partai Demokrat, yang telah berjuang, telah membelot ke Partai Harapan.

Pada hari Kamis, pemimpin Partai Demokrat tersebut mengusulkan kepada anggotanya sebuah merger de facto dimana semua kandidat mereka akan mencalonkan diri di bawah panji Partai Harapan, untuk menghadirkan tantangan bagi Abe dan LDP.

Comments

comments